Apa Itu IKKESINDO ?


IKKESINDO didirikan pada tanggal 21 April 2015.

Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO) merupakan wadah untuk menghimpun, membina, melindungi, mengembangkan dan mengawasi konsultan kesehatan dalam upaya menggerakkan pembangunan kesehatan untuk tercapainya masyarakat Indonesia yang sehat dan mandiri serta ikut mengisi pembangunan bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Lini masa IKKESINDO

2008

Tahun 2008
Seminar pada tanggal 3 November 2008 di RSPAD Gatot Subroto dengan judul “Mempersiapkan Sertifikasi Tenaga Konsultan Rumah Sakit dalam Era Kompetisi Global” dan terbentuk Badan Keahlian Konsultan Manajemen Kesehatan (BKKMK – INTAKINDO).

2009

Juni 2009 – Februari 2010
tercatat 65 anggota dan dilakukan berbagai rapat konsolidasi BKKMK yang melahirkan program kerja organisasi dan program aktivitas per bidang. Adapun Tim Perumus Standar Kompetensi Konsultan Manajemen Rumah Sakit adalah :

Ketua : Drs. Heru Kusumanto, MM
Anggota : Dr. Sandra Dewi, MARS
Ni Luh Putu Eka Putri Andayani, SKM, M.kes.

Mengirim tim anggota perumus kompetensi untuk mengikuti pelatihan tersertifikasi nasional di BNSP.

2010

1 Mei 2010
Forum Diskusi pakar organisasi di Auditorium RS Mata Prof DR. Isak Salim Aini dengan pembahasan Peranan IKMRS dalam persiapan sertifikasi konsultan manajemen rumah sakit di Indonesia dan pembahasan tentang tahapan dan rancangan Standar Kompetensi Konsultan.

2010

24 Juli 2010
Dilaksanakan pelatihan tenaga Konsultan Manajemen RS di RSPAD dengan tujuan diperolehnya sistem registrasi tenaga profesi ahli Konsultan Manajemen RS dengan kemampuan dasar sebagai tenaga ahli konsultan. Pelatihan dihadiri lebih dari 40 peserta dari berbagai provinsi dengan berbagai provinsi.

2010

Juli 2010
Terjadinya pergantian umum dari Dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS menjadi Dr. Vinna Nancy P. Tobing. Sp.P, MARS dan nama BKMK menjadi IKMK.

2010

Januari s/d April 2011
  • Konsolidasi internal organisasi dengan menyusun anggota kepengurusan baru.
  • Mendapat Bimbingan BNSP berkala (Bpk. Agus Sutarna) dalam finalisasi Standar Kompetensi Konsultan untuk diterapkan secara lokal dan terbatas dalam anggota IKMRS.
  • Persiapan Pelatihan Anggota dan Sertifikasi Lokal.
  • Merintis pembentukan LSP Konsultan Manajemen Rumah Sakit

2012

Januari s/d April 2011
  • Konsolidasi internal organisasi.
  • Pematangan butir Kompetensi Konsultan Rumah Sakit, dalam bentuk pelatihan pengurus, pembentukan sistem kompetensi dari beberapa narasumber, diskusi dan penajaman substansi.
  • Lanjutkan persiapan pelatihan anggota dan sertifikasi internal.

2013

Mei 2013
Dilaksanakan pelatihan Tenaga Konsultan Manajemen RS bertempat di Golden Boutique Hotel Angkasa pada 24-26 Mei 2013. Tujuan pelatihan ini adalah diperolehnya sistem registrasi tenaga ahli Konsultan Manajemen Rumah Sakit dengan kemampuan dasar sebagai tenaga ahli konsultan. Pelatihan dilakukan selama 3 (tiga) hari, dimana hari pertama dilakukan pelatihan tingkat dasar dan 2 hari berikutnya pelatihan lanjutan untuk memperoleh sertifikasi IKMRS.

2013

Oktober 2013
  • Pergantian Ketua Umum periode 2010-2013 dari dr. Vinna Nancy P. Tobing SpP, MARS kepada dr. Sandra Dewi, MARS yang diangkat sebagai ketua periode 2013 – 2016 secara aklamasi, setelah laporan pertanggung-jawaban pengurus periode 2010 – 2013 diterima dan disahkan.
  • Pengembangan organisasi dengan IKMK sebagai induk dan IKMRS difokuskan untuk Konsultan Manajemen RS.
  • Ketua IKMRS menyesuaikan organisasi perubahan organisasi dengan pengaturan koordinatif dibawah IKMK.
  • IKMK selanjutnya disepakati berubah nama menjadi IKKESINDO.
  • Pada tanggal 21 APRIL 2015 SECARA RESMI DIBENTUK IKKESINDO.

TUGAS UTAMA IKKESINDO

  • Pembentukan Profesi dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan.
  • Sertifikasi Kompetensi.
  • Akreditasi perusahaan Konsultan Kesehatan
  • Pengembangan iklim yang kondusif bagi kegiatan profesi Konsultan Kesehatan di Indonesia.

Leave a Reply